Tentang Kami

layer2

Yayasan Christie dan Sahabat Nusantara atau yang disingkat dengan CRIDASA di inisiasi bersama oleh Christie Damayanti bersama para sahabat, aktivis sosial dan tokoh agama. Yayasan ini telah disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0037192.AH.01.04 Tahun 2016, tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Christie dan Sahabat Nusantara.

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Akta Notaris pendirian, Yayasan CRIDASA bergerak dalam bidang Sosial, Kemanusian dan Keagamaan, Dengan menitik beratkan perhatian pada pelayanan dan pemberdayaan kaum Disabilitas serta peningkatkan kualitas hidup Masyarakat Miskin  di daerah-daerah terpencil di Indonesia yang dirumuskan dalam beberapa program kerja yang terpadu dari ketiga pembidangan tersebut.

Perhatian besar kepada kaum disabilitas tidak terlepas dari penilitian dan pengalaman langsung pendiri yayasan ini. Sejauh ini banyak pihak memandang disablitas hanya pada “kecacatan fisik” semata, padahal menurt  Convention on the Right of Person with Disabilities (CRPD) tahun 2007 di New York, Amerika Serikat. Negara-negara di dunia telah menyepakati bahwa penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif. Penekanan makna disabilitas dalam konsep ini adalah adanya gangguan fungsi yang berlangsung lama dan menyebabkan terbatasnya partisipasi di masyarakat

Oleh karena itu, dapat diamati yang disebut penyandang disabilitas mungkin memiliki gangguan penglihatan, pendengaran, mobilitas/menggerakkan kaki atau tangan, mengingat dan berkonsentrasi, perilaku dan emosi, komunikasi, dan mengurus diri sendiri. Bahkan khusus untuk anak ditambahkan pertanyaan terkait gangguan dalam bermain dan belajar. Anak mengalami gangguan jika kejadian yang dialaminya tidak biasa dialami oleh anak seusianya, seperti anak yang secara kasat mata terlihat seperti anak seusia lainnya namun ternyata autis atau hiperaktif.

Berdasarkan pemahaman di atas, maka kaum disabilitas memiliki potensi untuk menjadi “Masyarakat Miskin” apabila yang bersangkutan tidak dibekali pendidikan dan keahlian yang memadai sesuai terajat atau kondisi disabiliastnya. Apabila tidak tertangani dengan baik, maka permasalahan diskriminasi dan kemanusian menjadi bagian tersendiri dalam kehidupan mereka saat ini atau kelak di masa depan.

Dengan demikian Yayasan CRIDASA akan terlibat secara aktif  menjadi mitra Pemerintah, LSM, Organisasi Masyarakat lainnya dalam memberikan sosulusi yang tepat khsusnya bagi mereka yang berada di daerah terpencil yang dalam kenyataannya juga kurang tertangani dengan baik secara berkelanjutan. 

Soslusi melalui program Yayasan CRIDASA tidak semata-mata pada bantuan tunai, namun terlebih pada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan untuk mengasah keahlian mereka menurut kondisi dan potensi yang mereka miliki. Oleh sebab itu, selain bantuan tunai yang dikonversi untuk mendukung peaksanaan pendidikan dan pelatihan berupa peralatan atau fasilitas pendidikan dan pelatihan serta mensubsidi para relawan yang akan terjun ke lapangan. Terkait dengan tenaga sukarelawan ini, kami juga membuka kesempatan seluas-luasnya, mengajak keterpanggilan hati dari semua komponen bangsa. Anak bangsa yang memiliki waktu, kemampuan dan keahlian, dengan sukarela dapat terjun langsung ke wilayah-wilayah yang sudah dan akan terus kami petakan sebagai prioritas pelaksanaan program kerja pendidikan dan pelatihan bagi kaum disabilitas, khususnya di wilayah atau daerah yang sangat minim perhatian dan penanganan langsung dari berbagai pihak.

Khsusus untuk bantuan non tunai berupa peralatan pendidikan dan pelatihan maupun alat bantu bagi penyandang disabilitas dapat juga disalurkan melalui kami atau langsung pada wilayah-wilayah yang sudah dan akan kami petakan seiring dengan penilitian lapangan dan verifikasi terhadap kondisi yang ada. 

Adapun semua pertanggungjawaban kegiatan akan dipublikasi secara transparan kepada masyarakat luas merupakan komitmen kami untuk mengelola yayasan ini secara profesional, terbuka, transparan, teukur, dapat dinilai dan dipertanggungjawabkan,. Selain itu,  dengan keberadaan tersebut, kami membuka diri terhadap masukan maupun kritik oleh semua lampisan masyarakat dalam upaya mewujudkan saudara-saudara kita semua yang digolongkan dalam kaum disabilitas sebagai masyarakat yang mandiri dan dapat keluar dari masalah kemiskinan adalah merupakan harapan dan keinginan yang melandasi semua pelaksanaan program kerja yayasan ke depan.

Dalam bagian lain, akan kami sajikan baik informasi maupun jenis program yang sekiranya dapat menjadi upaya bersama dalam menjadikan Kaum Disablitas sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia, Anak bangsa yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama.

Salam dan Hormat Kami..

Pengurus

Legalitas

Yayasan Christie dan Sahabat Nusantara atau yang disingkat dengan CRIDASA di inisiasi bersama oleh Christie Damayanti bersama para sahabat, aktivis sosial dan tokoh agama. Yayasan ini telah disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0037192.AH.01.04 Tahun 2016, tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan Christie dan Sahabat Nusantara.

Program Kerja

Untuk melaksanakan program kerja Yayasan, kami memiliki beberapa program kerja baik rutin dan non riutin dengan mengikut sertakan berbagai lapisan masyarakat, baik perorangan maupun institusi, Selengkapnya

Bantuan Anda

Untuk memberikan berbagai pilihan bagi donatur baik individu maupun institusi kami memiliki beberapa pilihan sesuai dengan program kerja kami yang dapat dipilih oleh mereka yang terpanggil untuk mewujudkan tujuan dari yayasan yang meruapakan tujuan bersama di dalam membantu kaum disabilitas maupun masyarakat miskin yang menjadi fokus utama kami Selengkapnya.